Ini Manfaat Terasi untuk Perkutut yang Jarang Diketahui

Selama ini yang kita tahu terasi banyak digunakan untuk menambah cita rasa masakan, terutama sambal. Namun, tahukah Anda? Selain digunakan sebagai campuran sambal, terasi juga bermanfaat untuk kesehatan Perkutut. Ingin tahu lebih banyak tentang manfaat terasi untuk Perkutut? Baca hingga selesai.

Manfaat Terasi untuk Perkutut yang Sedang Membentuk Suara

Burung Perkutut memang tidak semenarik jenis burung yang pandai berkicau lainnya. Namun, bukan berarti tidak ada orang yang menyukai Perkutut. Peliharaan dengan nama latin Geopelia Striata memiliki kicauan khas yang disukai sebagian orang karena mengingatkan pada suasana pedesaan.

Kicauan Perkutut yang candu mengingatkan kita pada habitat aslinya, yaitu Yogyakarta. Namun, apabila Anda menjumpai burung Perkutut yang tidak bisa berkicau, pastikan terlebih dahulu jenis kelaminnya. Karena Perkutut betina biasanya memang tidak berkicau. Perkutut yang memiliki kicauan bagus adalah Perkutut jantan.

Jika Perkutut tersebut jantan tapi tetap tidak mau berkicau, maka Anda perlu melakukan evaluasi terlebih dahulu. Apakah perawatan rutin, seperti memandikan, menjemur Perkutut, dan memberinya pakan sudah dilakukan dengan benar? Pakan yang diberikan sebaiknya campuran biji-bijian yang bernutrisi, seperti beras merah, jewawut, milet, godem, dan beras ketan hitam.

Jika perawatan rutin sudah dilakukan dengan baik tapi Perkutut tetap tidak mau berkicau, Anda bisa mencoba memberinya terasi. Selain menyedapkan masakan, terasi yang terbuat dari fermentasi ikan dan udang rebon ini ternyata bisa meningkatkan gairah manggung Perkutut dan membentuk kicauannya.

Cara pemberian terasi ini dengan membentuknya jadi butiran-butiran kecil seperti biji-bijian yang biasa dimakan Perkutut. Selain itu, Anda juga dapat memberikannya secara langsung dengan dilolohkan melalui paruh Perkutut. Pemberian terasi ini cukup satu minggu sekali. Namun, lakukanlah secara rutin agar Perkutut cepat gacor dan bergairah manggung.

Ini Manfaat Terasi untuk Perkutut yang Jarang Diketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lucy