Cara Merawat Trotolan Murai Biar Fighter saat Dewasa

Memelihara murai batu sejak trotolan hingga menjadi burung petarung yang gacor, memang memberikan kepuasan dan kebanggaan tersendiri.

Namun, nyatanya tidak semua trotolan tumbuh jadi murai dewasa yang bermental kuat dan memiliki kicauan yang merdu.

Lantas, bagaimana cara merawat trotolan murai biar fighter dan gacor ketika dewasa?

Cara Merawat Trotolan Murai Biar Fighter Sejak Umur 1–2 Bulan

Sebelum membentuk Murai yang fighter, tentunya Anda harus memastikan burung tersebut tumbuh dengan baik dan sehat terlebih dahulu. Salah satu hal yang perlu diperhatikan agar Murai Batu tumbuh sehat adalah pakannya.

Umumnya, trotolan Murai Batu yang berusia 1–2 bulan sudah makan sendiri tanpa bantuan pemiliknya. Karena itu, trotolan bisa diberi voer (pakan kering) dengan kandungan nutrisi lengkap.

Jika butiran voer terlalu besar, campur dengan sedikit air sambil dihaluskan hingga terbentuk voer basah. Sebagai catatan, voer basah ini cepat basi dan mudah ditumbuhi jamur. Karena itu, buatlah porsi secukupnya agar langsung habis. Waktu ideal untuk menghabiskan voer basah adalah 30–60 menit.

Selain voer, Anda juga bisa memberikan kroto satu cepuk pakan kecil , ulat hongkong secukupnya, dan 3 ekor jangkrik. Letakkan kroto dan ulat hongkong dalam wadah terpisah. Sedangkan untuk jangkrik, berikan hanya bagian dada dan perutnya saja.

Kroto yang dimakan oleh trotolan haruslah kroto yang masih segar. Oleh karena itu, periksa cepuk pakan Murai secara berkala untuk memastikan kroto belum basi. Anda juga dapat mencampurkan kroto dengan voer jika burung Murai tersebut belum terbiasa makan voer murni.

Untuk menjaga tubuh trotolan usia 1–2 bulan ini, Anda boleh memberikan multivitamin dan multimineral. Berikan multivitamin BirdVit sebanyak 3 kali seminggu. Sedangkan multimineral seperti BirdMineral, cukup diberikan 2 kali dalam seminggu.

Pemberian Multivitamin dan Multimineral ini harus diselang-seling dan tidak boleh dilakukan pada hari yang sama. Cara pemberiannya adalah dengan mencampurkan BirdVit dan BirdMineral pada kroto.

Cara Merawat Trotolan Murai Biar Fighter saat Dewasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lucy